Senin, 12 Oktober 2020

 

Begini Cara Menyikat Gigi Yang Baik

Autor : Reka Suci Anggraini

 

            Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan suatu hal yang sangat penting, banyak hal yang perlu diperhatikan seperti cara menyikat gigi yang juga harus benar, pripsip menykat gigi atau bahkan dampak buruk yang diakibatan dari tidak menyikat gigi. Menyikat gigi merupakan kebiasaan yang wajib dilakukan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. 

 Pedoman Umum Agar Gigi Sehat dan Terawat

Rumus Gigi Sehat Terawat

2                      x          2                      = Gigi Sehat Terawat

(2 menit)                    (2 kali sehari)           

Menyikat gigi yang efektif dilakukan sekurang-kurangnya selama 2 menit, 2 kali sehari, SETELAH SARAPAN dan SEBELUM TIDUR

 Langkah- Langkah Penting Dalam Menggosok Gigi

1.    Pemilihan sikat gigi yang benar

     a. Gagang tangkainya lurus

     b. Kepala sikat kecil/sesuai dengan mulut

     c. Bulu sikat halus

     d. Permukaan bulu sikat rata

     e. Ujung bulu sikat membulat


2.  Sikat bagian luar permukaan gigi secara perlahan dengan menempatkan bulu sikat gigi bersudut 45o terhadap garis gusi

 



 

3.  Tempatkan bulu sikat gigi dengan sudut 45o terhadap garis gusi. Bulu sikat gigi harus menyentuh pemukaan gigi dan gusi. Pastikan sikat gigi dapat mencapai seluruh garis gusi maupun permukaan gigi. Gerakkan sikat gigi secara lembut keseluruh permukaan gigi.

 



 

4.    Sikat bagian dalam gigi dengan perlahan dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Tetap pertahankan sudut 45o kontak antara permukaan gigi dan gusi dengan bulu sikat gigi.

 



5.  Sikat bagian permukaan gigi yang menghadap ke atas (OKLUSAL - berfungsi untuk mengunyah) dengan gerakan perlahan maju dan mundur.

 



 

6.  Gunakan setengah bagian depan bulu sikat gigi untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan atas dan bawah dengan gerakan naik turun.

 


Dampak tidak rutin menyikat gigi

Tidak rutin menyikat gigi tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan gigi itu sendiri, biasanya masalah kesehatan gigi akan timbul, pada anak kecil ataupun dewasa dan akan menyebabkan masalah pada gigi seperti karang pada gigi, plak pada gigi, gigi berubang ataupun masalah kesehatan gigi lainnya. Cara Menggosok Gigi yang tidak baik juga dapat mengakibatan Kejadian Karies Gigi, berdasarKan penelitian  yang dilakukan oleh Swastikarin (2018) Menggosok gigi sangat berpengaruh dengan keadaan kebersihan mulut. Cara menggosok yang benar akan menghilangkan factor penyebab karies seperti makanan, plak. Kebersihan mulut yang buruk akan mengakibatkan persentase karies lebih tinggi dan Didapatan Adanya hubungan yang signifikan cara dalam menggosok gigi dengan kejadian karies gigi. Dalam ini uga membahas mengenai Adanya hubungan yang signifikan aspek jenis makanan dengan kejadian karies gigi pada anak hal ini disebabkan karena Makanan manis akan dinetralisir oleh air ludah setelah 20 menit, maka apabila setiap 20 menit sekali mengkonsumsi makanan manis akan mengakibatkan gigi lebih cepat rusak. Makanan manis lebih baik dimakan pada saat jam makan utama, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, karena pada waktu jam makan utama biasanya air ludah yang dihasilkan cukup banyak, sehingga dapat membantu membersihkan gula dan bakteri yang menempel pada gigi.

 Mencegah Masalah Kesehatan Gigi

            Banyak cara dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan gigi salah satunya adalah dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit, namun kadang anak-anak bahkan dewasa sering kali merasa malas untuk menyiat gigi, dari peneitian yang dilakukan oleh Nugrahen (2019), cara meningkatkan minat menggosok gigi dengan menonton media video didapatkan hasil Adanya pengaruh cara menggosok gigi dengan menggunakan video pembelajaran pada anak usia sekolah.

 

Referensi:

Swastikarini, 2018. Hubungan Cara Menggosok Gigi Dan Jenis Makanan

Yang Dikonsumsi Dengan Kejadian Karies Gigi. Vol 10 (1)

http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/66 Diakses Pada 09 Oktober 2020

 

Chalimah,2020. Cara Menyikat Gigi Yang Benar. Serpong

http://www.batan.go.id Diakses Pada 09 Oktober 2020

 

Ketut, 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menggosok Gigi

Dengan Video Pembelajaran Pada Anak Usia Sekolah. Vol 5 (2)

http://nursingjurnal.respati.ac.id/index.php/JKRY/article/view/209/pdf Diakses Pada 09 Oktober 2020

 

Nugrahen. 2019. Determinan Perilaku Pencegahan Karies Gigi Siswa

Sekolah Dasar Di Kota Semarang

https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_ylo=21

6&q=cara+menggosok+gigi+yang+benar&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p

%3D8fPcFl0rF-UJ Diakses Pada 09 Oktober 2020

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Praktik Kerja Lapangan di Puskesmas Ungaran

  LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI PUSKESMAS UNGARAN Dosen Pembimbing : Tri Wiyatini , S KM, M.Kes Epid     Disusun Oleh : REKA SU...